Balada E-ktp

Kartu tanda penduduk atau yang disingkat ktp ini wajib dimiliki oleh setiap orang yang usianya sudah 17 tahun ke atas. Kalau ga punya ktp ya gapunya identitas, gitulah kira-kira.

Dulu ketika saya tamat SMA tahun 2012 dan mengurus ktp masih mudah dan tidak rumit, hanya menyerahkan fotokopi kartu keluarga dan di foto pada saat itu juga, ktp sudah jadi dan diambil 3 hari atau paling lama seminggu kemudian. Namun sekarang? Ya ampun rumitnya ga ketulungan.

Dari akhir tahun lalu sekitar bulan  oktober saya datang ke kantor kepala desa dekat rumah saya, saya ingin ngurus e-ktp dan mereka bilang sekarang blanko lagi kosong dan awal november blanko ada. Awal november saya datang, mereka bilang awal desember. Trus awal desember saya datang, mereka bilang akhir desember dan akhir desember saya datang lagi dan mereka bilang awal tahun 2017.

Pertengahan bulan januari 2017 saya datang lagi, kemudian mereka menjawab pertengahan februari begitu seterusnya sampai akhir  bulan april saya datang kembali dan mereka tetap bilang BLANKO MASIH KOSONG!. Terbuat dari apasih blanko ini sampai segini limited edition-nya, mau sampai kapan ngurus e-ktp susah ? sampai negara api menyerang? atau sampai kutub utara jadi padang pasir?

Setelah blanko ada, eh kehabisan lagi e-ktp saya belum keluar lagi sampai harus ngurus surat keterangan pengganti ktp lagi. Ketika saya tanya (lagi) kapan ktp saya dicetak? dan mereka menjawab datanya masih invalid jadi belum bisa dicetak. Padahal kan ya dari situs resmi e-ktp menyebutkan bahwa pembuatan e-ktp itu mudah dalam jangka waktu 2 minggu sudah selesai, apaan 2 minggu 2 bulan aja belum tentu selesai.

Disaat negara lain sudah sibuk mengirim astronot ke Mars, negeri ini masih disibukkan dengan ribetnya pembuatan e-ktp. Hanya Allah yang tau dibalik ini semua.

Leave a Reply

